Leading the Way in

Environmental Insights

and Inspiration

Leading the Way in
Environmental Insights and Inspiration

Panduan Lengkap Mengenai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)
Environesia Global Saraya

01 February 2025

Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) merupakan suatu proses pengkajian yang komprehensif dan partisipatif yang bertujuan untuk mengintegrasikan dasar pembangunan berkelanjutan ke dalam setiap Kebijakan, Rencana, dan/atau Program (KRP) Pembangunan. Pelaksanaan KLHS secara rinci diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.69/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2017​.

KLHS adalah alat analisis untuk mengevaluasi dampak lingkungan dari KRP yang diusulkan, serta memastikan bahwa aspek lingkungan dipertimbangkan sejak awal perencanaan. Tujuannya adalah untuk menghubungkan dasar dari pembangunan berkelanjutan dan mengimplementasikan dalam KRP sehingga pembangunan tidak hanya mengejar keuntungan ekonomi, tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan dan sosial​. Ruang lingkup kajian dalam KLHS mencakup:
  1. Penentuan wilayah yang secara ekologis akan terdampak oleh pelaksanaan KRP.
  2. Identifikasi kelompok masyarakat dan lokasi spesifik yang rentan terhadap dampak positif maupun negatif dari KRP.
  3. Analisis terhadap tujuan, sasaran akhir, dan substansi yang terkandung dalam KRP.
Proses memastikan kualitas KLHS dilakukan secara mandiri oleh pihak yang menyusun KRP. Penilaian ini bisa dilakukan secara bertahap atau sekaligus pada akhir penyusunan dan pelaksanaan KLHS. Dalam prosesnya, penyusun wajib merujuk pada dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) yang sesuai serta pelaporan KLHS dari KRP terkait. Dalam hal Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Permukiman (RPPLH) belum tersedia, maka penilaian terhadap KRP akan mengacu pada hasil kajian daya dukung dan daya tampung lingkungan. Hasil penilaian tersebut kemudian akan didokumentasikan dalam bentuk berita acara yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
Pelaksanaan KLHS melibatkan beberapa tahapan kunci:
  1. Penapisan KRP: Dilakukan untuk mencari program yang berpotensi merusak lingkungan, program-program ini kemudian akan diteliti lebih lanjut melalui KLHS.
  2. Analisis KRP: Melakukan analisis mendalam terhadap dampak lingkungan dari KRP yang telah dipilih.
  3. Partisipasi Publik: Tujuan melibatkan masyarakat dalam KLHS adalah untuk memastikan bahwa keputusan pembangunan mempertimbangkan aspirasi masyarakat dan transparan bagi publik.
  4. Rekomendasi dan Validasi: Menyusun rekomendasi berdasarkan hasil analisis dan memperoleh validasi dari otoritas terkait
Proses pemantauan dan evaluasi terhadap Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dilakukan secara berjenjang oleh berbagai pihak yang memiliki kewenangan masing-masing. Menteri melalui Direktur Jenderal bertanggung jawab atas pemantauan di tingkat nasional, sedangkan gubernur dan bupati/wali kota bertanggung jawab di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan pemantauan dilakukan sejak tahap penyusunan hingga pelaksanaan KLHS, termasuk pemantauan terhadap pelaksanaan rekomendasi KLHS yang telah disetujui. Hasil pemantauan dan evaluasi ini kemudian dilaporkan secara tertulis setiap akhir tahun. Laporan pemantauan pada tahap penyusunan KLHS mencangkup:
  1. Kepatuhan penyusun KRP dalam mengikuti prosedur penyusunan dan pelaksanaan KLHS.
  2. Ketaatan dalam melakukan penjaminan kualitas dan pendokumentasian KLHS.
  3. Kepatuhan dalam proses pengajuan validasi hingga diterbitkannya surat persetujuan KLHS
  4. Evaluasi terhadap jangka waktu dan kualitas layanan validasi yang diterima penyusun KRP.
  5. Pelaksanaan pembinaan terhadap KLHS juga menjadi bagian dari evaluasi.
Pembinaan KLHS dilakukan secara komprehensif melalui berbagai mekanisme, seperti koordinasi antar instansi, sosialisasi kebijakan, pendampingan teknis, konsultasi, serta peningkatan kapasitas melalui pelatihan dan pendidikan. Selain itu, upaya pengembangan pusat informasi KLHS dan diseminasi informasi kepada seluruh pemangku kepentingan juga menjadi bagian penting dari pembinaan. Pendanaan KLHS dapat bersumber dari anggaran pemerintah pusat maupun daerah (APBN/APBD), serta sumber lain yang sah. KLHS yang telah disusun sebelumnya tetap berlaku sepanjang masa berlaku KRP. Sementara itu, KRP yang telah disahkan namun belum memiliki KLHS wajib dilengkapi dengan KLHS pada saat evaluasi. Bagi KRP yang belum disahkan dan belum memiliki KLHS, penyusunnya wajib menyelenggarakan KLHS.

KLHS adalah instrumen penting dalam memastikan pembangunan berkelanjutan yang mengintegrasikan pertimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi sejak tahap awal perencanaan KRP. Dengan adanya peraturan ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan KRP dapat lebih memahami dan melaksanakan KLHS, sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sumber Referensi:
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor P.69/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2017 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS.
 
Penghitungan IKLH: Panduan Praktis untuk Pemantauan Lingkungan Hidup
Environesia Global Saraya

01 February 2025

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) merupakan instrumen penting dalam menilai kondisi lingkungan di suatu wilayah. IKLH memberikan gambaran menyeluruh tentang kualitas lingkungan yang mencakup aspek air, udara, lahan, dan air laut. Dengan menggunakan IKLH, pemerintah dan masyarakat dapat mengidentifikasi permasalahan lingkungan yang perlu segera ditangani dan mengevaluasi efektivitas kebijakan yang telah diterapkan.

Penghitungan IKLH diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021. Peraturan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. IKLH terdiri dari beberapa indeks komposit, masing-masing indeks komposit ini memberikan informasi spesifik mengenai kualitas komponen lingkungan tertentu, yang secara bersama-sama membentuk gambaran komprehensif tentang kondisi lingkungan hidup di suatu wilayah.

  1. Indeks Kualitas Air (IKA)
  2. Indeks Kualitas Udara (IKU)
  3. Indeks Kualitas Air Laut (IKAL)
  4. Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL)
  5. Indeks Kualitas Ekosistem Gambut (IKEG)
  6. Indeks Kualitas Lahan (IKL)
Penghitungan IKLH dilakukan melalui dua tahapan utama seperti perencanaan dan pelaksanaan. Kedua tahapan ini sangat krusial dalam memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan representatif, serta kebijakan yang diambil berdasarkan hasil penghitungan tersebut dapat efektif dan tepat sasaran. Kedua tahapan akan dijelaskan berikut ini:
  1. Perencanaan
Proses penghitungan IKLH dilakukan secara terstruktur melalui pembinaan yang dilakukan oleh Direktur Jenderal bersama pemerintah daerah. Pembinaan meliputi tahap perencanaan, yang mencakup pemilihan lokasi yang tepat untuk pemantauan, pemilihan metode pengambilan data yang akurat, dan penerapan metode perhitungan kualitas lingkungan yang sesuai.
  1. Pemilihan lokasi pemantauan
  2. Lokasi pemantauan dipilih secara representatif untuk mewakili kualitas lingkungan, mencakup air, udara ambien, air laut, dan lahan.
  3. Pemilihan lokasi pemantauan kualitas air harus mempertimbangkan representasi dari berbagai titik kritis, seperti sumber pencemar, muara sungai utama, titik masuk air ke instalasi pengolahan air minum, dan badan air di hulu yang masih alami.
  4. Untuk udara ambien, lokasi pemantauan meliputi wilayah padat transportasi, kawasan industri, pemukiman padat, dan kawasan perkantoran.
  5. Pemilihan lokasi pemantauan kualitas air laut perlu mempertimbangkan titik-titik kritis seperti muara sungai, area yang berpotensi terkena dampak pencemaran dari daratan atau laut, serta ekosistem yang memiliki peran ekologis penting seperti mangrove, terumbu karang, padang lamun, dan estuari.
  6. Metode pengambilan data
Pengambilan data dilakukan dengan ketentuan waktu dan frekuensi tertentu, serta pemilihan parameter yang relevan. Untuk air, data diambil paling sedikit sekali pada saat musim hujan dan kemarau. Pengambilan data udara ambien bisa menggunakan alat manual pasif atau aktif, serta stasiun pemantau kualitas udara ambien permanen atau bergerak. Pengambilan data kualitas air laut dilakukan minimal dua kali setahun, menyesuaikan musim, sementara data tutupan lahan dan ekosistem gambut diambil minimal sekali setahun.
  1. Parameter yang diukur
  2. Parameter kualitas air: pH, BOD, COD, TSS, DO, NO3-N, T-Phosphat, total nitrogen, fecal coliform, klorofil-a dan transparasi.
  3. Parameter udara ambien: SO2, NO2.
  4. Parameter kualitas air laut: TSS, minyak dan lemak, NH3-N, PO4-P, DO.
  5. Parameter tutupan lahan: Luasan tutupan hutan dan vegetasi non hutan.
  6. Parameter ekosistem gambut luas area terdampak kanal, bekas kebakaran, tutupan lahan, kedalaman air tanah, serta paparan sedimen bermineral di bawah lapisan gambut.
  7. Koordinasi dan penentuan lokasi
Direktur Jenderal berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatur pengelolaan lingkungan. Penentuan titik-titik pemantauan lingkungan dilakukan dengan mengacu pada kriteria yang telah disusun secara khusus. Hasil dari proses penentuan titik pemantauan ini kemudian didokumentasikan dalam bentuk laporan yang memuat informasi lengkap mengenai lokasi, potensi sumber pencemaran, serta pihak yang melaksanakan kegiatan pemantauan.
  1. Penentuan tata waktu perhitungan IKLH
Setelah mempertimbangkan hasil analisis laporan penentuan lokasi, Direktur Jenderal telah mengambil keputusan mengenai titik-titik pemantauan dan jadwal pelaksanaan perhitungan kualitas lingkungan hidup. Format pelaporan hasil pengukuran telah diatur secara rinci dalam lampiran peraturan menteri.
  1. Pelaksanaan

Pelaksanaan penghitungan IKLH dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis. Hasil perhitungan kualitas lingkungan hidup disusun dalam bentuk indeks yang meliputi IKA, IKU, IKAL, IKTL, IKEG, dan IKL. Data dan informasi IKTL dan IKEG digunakan untuk menyusun IKL.

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) merupakan alat yang penting untuk mengukur dan mengevaluasi kondisi lingkungan. Dengan memahami cara penghitungan dan komponen-komponen yang terlibat, kita dapat lebih baik dalam mengapresiasi pentingnya menjaga lingkungan dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Sumber Referensi:
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.

Konsultan ANDALALIN: Peran, Pentingnya, dan Bagaimana Memilih yang Terbaik
Environesia Global Saraya

01 February 2025

Dalam dunia pembangunan infrastruktur dan pengembangan properti, Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) memegang peran krusial. ANDALALIN merupakan studi yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak lalu lintas yang dihasilkan oleh proyek pembangunan. Untuk melaksanakan ANDALALIN dengan benar, peran konsultan ANDALALIN sangat penting.

Konsultan ANDALALIN adalah profesional yang memiliki keahlian dalam melakukan analisis dampak lalu lintas. Mereka bertugas untuk mengidentifikasi potensi masalah lalu lintas yang dapat timbul dari proyek pembangunan, baik itu perumahan, komersial, atau infrastruktur. Selain itu, konsultan ini juga memberikan rekomendasi tentang bagaimana meminimalkan dampak tersebut agar pembangunan tidak mengganggu kelancaran, keamanan, dan keselamatan lalu lintas di sekitar lokasi proyek.
Pentingnya Konsultan ANDALALIN tidak dapat dipandang sebelah mata, mengingat dampak signifikan yang dapat ditimbulkan oleh proyek pembangunan terhadap sistem transportasi. Mari kita telaah lebih lanjut mengapa keberadaan mereka sangat dibutuhkan.
  1. Memastikan Kepatuhan Terhadap Regulasi
Salah satu alasan utama mengapa konsultan ANDALALIN diperlukan adalah untuk memastikan bahwa proyek pembangunan Anda mematuhi semua peraturan yang berlaku. Di Indonesia, pelaksanaan ANDALALIN diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Proyek yang tidak mematuhi regulasi ini dapat menghadapi sanksi, termasuk penundaan atau penghentian proyek.
  1. Mengurangi Dampak Negatif Terhadap Lalu Lintas
Proyek pembangunan, terutama yang berskala besar, dapat menyebabkan peningkatan lalu lintas yang signifikan. Tanpa perencanaan yang tepat, hal ini dapat mengakibatkan kemacetan, meningkatkan risiko kecelakaan, dan mengurangi kenyamanan pengguna jalan. Konsultan ANDALALIN berperan dalam merancang solusi untuk mengurangi dampak negatif ini, seperti penambahan akses jalan, perubahan rute, atau penambahan fasilitas lalu lintas lainnya.
  1. Mendukung Keberlanjutan Proyek
Dengan menganalisis dampak lalu lintas, konsultan ANDALALIN membantu memastikan bahwa proyek pembangunan dapat beroperasi secara berkelanjutan. Hal ini penting untuk menjaga citra positif proyek di mata publik dan pihak berwenang. Selain itu, pembangunan yang memperhatikan aspek lalu lintas cenderung lebih diterima oleh masyarakat sekitar.
Memilih konsultan ANDALALIN yang tepat adalah langkah penting untuk keberhasilan proyek Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih konsultan yang sesuai:
  1. Cek Kredensial dan Pengalaman
Pastikan konsultan yang Anda pilih memiliki kredensial yang relevan dan pengalaman dalam melakukan ANDALALIN untuk jenis proyek yang serupa dengan milik Anda. Konsultan yang berpengalaman akan lebih memahami tantangan yang mungkin muncul dan cara mengatasinya.
  1. Tinjau Portofolio Proyek Sebelumnya
Melihat portofolio proyek sebelumnya dapat memberi Anda gambaran tentang kualitas kerja konsultan tersebut. Periksa apakah mereka telah berhasil mengelola proyek dengan dampak lalu lintas yang kompleks dan bagaimana solusi yang mereka tawarkan diimplementasikan di lapangan.
  1. Periksa Reputasi dan Ulasan
Reputasi konsultan adalah indikator penting dari kualitas layanan mereka. Cari ulasan atau testimoni dari klien sebelumnya untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana mereka bekerja. Konsultan dengan reputasi baik biasanya memberikan layanan yang profesional dan tepat waktu.
  1. Kemampuan Berkolaborasi dengan Pihak Terkait
ANDALALIN melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pengembang. Konsultan yang Anda pilih harus memiliki kemampuan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder tersebut untuk memastikan proses ANDALALIN berjalan lancar dan hasilnya dapat diterima semua pihak.
  1. Harga yang Transparan
Meskipun biaya adalah faktor penting, jangan tergiur dengan harga yang terlalu rendah. Konsultan yang menawarkan harga jauh di bawah standar pasar mungkin tidak menyediakan layanan yang memadai. Sebaliknya, pilihlah konsultan yang menawarkan harga transparan dan wajar sesuai dengan kualitas layanan yang mereka tawarkan.

Konsultan ANDALALIN memainkan peran penting dalam memastikan bahwa proyek pembangunan Anda berjalan sesuai dengan regulasi dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lalu lintas. Memilih konsultan yang tepat bukan hanya tentang menemukan yang termurah, tetapi yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Dengan pengalaman, kredibilitas, dan kemampuan berkolaborasi yang baik, konsultan ANDALALIN dapat membantu Anda menghindari masalah di kemudian hari dan memastikan bahwa proyek Anda sukses.
 
IKLH: Indikator Suksesnya Program Lingkungan
Environesia Global Saraya

31 January 2025

Lingkungan hidup memiliki peran yang sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia dan ekosistem di sekitarnya. Kualitas lingkungan hidup yang baik merupakan indikator utama kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan ekosistem. Di Indonesia, perhatian terhadap kualitas lingkungan hidup semakin meningkat seiring dengan tantangan-tantangan yang dihadapi akibat perubahan iklim, polusi, dan aktivitas manusia yang intensif. Oleh karena itu, pengukuran dan pemantauan kualitas lingkungan hidup menjadi sangat penting.

Salah satu instrumen utama untuk menilai kualitas lingkungan hidup di Indonesia adalah Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH). IKLH merupakan sebuah ukuran yang digunakan untuk mengukur kondisi lingkungan di suatu wilayah pada periode waktu tertentu. Penerapan IKLH secara nasional diatur secara detail dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 27 Tahun 2021.Nilai ini merupakan komposit dari beberapa indeks lainnya yang mencakup berbagai aspek kualitas lingkungan, yaitu:
  1. Indeks Kualitas Air (IKA)
Menunjukkan kondisi kualitas air berdasarkan parameter-parameter tertentu seperti Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspended Solids (TSS), dan lain-lain. IKA sangat penting karena kualitas air mempengaruhi kesehatan ekosistem akuatik dan manusia.
  1. Indeks Kualitas Udara (IKU)
Mengukur kualitas udara menggunakan parameter seperti Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen Dioksida (NO2). Kualitas udara yang baik sangat penting untuk kesehatan manusia dan keberlangsungan ekosistem.
  1. Indeks Kualitas Lahan (IKL)
Merupakan komposit dari Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL) dan Indeks Kualitas Ekosistem Gambut (IKEG). IKL memberikan gambaran tentang kesehatan dan keberlanjutan lahan yang mencakup faktor-faktor seperti luas tutupan hutan dan kondisi ekosistem gambut.
  1. Indeks Kualitas Air Laut (IKAL)
Menunjukkan kondisi kualitas air laut berdasarkan parameter seperti Total Suspended Solids (TSS), minyak dan lemak, serta tingkat oksigen terlarut (DO). IKAL penting untuk menjaga kesehatan ekosistem laut dan mendukung aktivitas ekonomi yang bergantung pada laut.
Penghitungan IKLH dilakukan melalui beberapa tahapan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, publikasi dan pembiayaan:
  1. Perencanaan:
  • Pembinaan: Direktur Jenderal memberikan pembinaan kepada pemerintah daerah tentang cara memilih tempat yang tepat untuk memantau lingkungan, cara mengumpulkan data dan cara menghitung kualitas lingkungan. Pembinaan ini bertujuan memastikan bahwa data yang diperoleh akurat dan representatif.
  • Tata Kelola Penghitungan IKLH: Direktur Jenderal mengarahkan dalam penyusunan tata kelola penghitungan IKLH yang melibatkan pemerintah daerah. Tata kelola ini mencakup Standar Operasional Prosedur (SOP) dan panduan teknis untuk memastikan konsistensi dan keterbandingan data.
  1. Pelaksanaan:
  • Pemilihan Lokasi Pemantauan: Pemilihan lokasi pemantauan dilakukan dengan mempertimbangkan representasi kualitas media lingkungan, meliputi air, udara ambien, air laut, dan lahan. Pemilihan lokasi ini penting untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang kondisi lingkungan.
  • Metode Pengambilan Data: Pengambilan data dilakukan dengan mempertimbangkan waktu, frekuensi, dan parameter pengambilan data. Metode ini harus mengikuti standar yang ditetapkan untuk memastikan validitas dan reliabilitas data.
  • Perhitungan Kualitas Lingkungan Hidup: Data yang diperoleh digunakan untuk menghitung indeks kualitas lingkungan hidup yang penyusunan berbentuk indeks IKA, IKU, IKAL, IKTL, IKEG, dan IKL. Perhitungan ini menggunakan formula yang telah distandarisasi dan diakui secara nasional maupun internasional.
  1. Publikasi
  • Publikasi ini dilakukan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan kualitas lingkungan hidup. Adapun digunakannya media publikasi dengan media cetak dan/atau media elektronik. Hal ini bertujuan agar informasi mengenai kualitas lingkungan hidup dapat diakses oleh masyarakat luas, sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.
  1. Pembiayaan
  • Pembiayaan yang diperlukan untuk pelaksanaan penghitungan IKLH. Biaya yang timbul dari proses penghitungan IKLH akan dialokasikan dari anggaran negara, provinsi, atau kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan masing-masing. Ketentuan ini memastikan bahwa pemerintah, pada tingkat daerah maupun pusat, akan bertanggung jawab untuk menyediakan dana yang cukup dalam mendukung proses penghitungan dan pemantauan kualitas lingkungan hidup.
Pada tahun 2021, PT. Environesia Global Saraya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyusun IKLH. Proyek memberikan gambaran mengenai kondisi lingkungan hidup di DKI Jakarta dan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan lingkungan. Dengan adanya IKLH, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Proyek yang dilakukan oleh PT. Environesia Global Saraya menunjukkan komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Sumber Referensi:
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.
Panduan Lengkap Mengapa Setiap Pengusaha Perlu Memahami PKPLH?
Environesia Global Saraya

31 January 2025

Pada era ini, kesadaran dan tanggung jawab akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup semakin meningkat. Hal ini mendorong pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan untuk menetapkan aturan yang ketat mengenai pengelolaan lingkungan. Hal terpenting dalam pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia adalah Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PKPLH). PKPLH menjadi bagian penting dari upaya untuk memastikan bahwa kegiatan usaha tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.

Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PKPLH) adalah dokumen resmi yang disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan usaha yang menjelaskan kesanggupan untuk mengelola dan memantau dampak lingkungan dari aktivitas yang dilakukan. Dokumen ini merupakan bentuk komitmen yang menyatakan bahwa suatu kegiatan usaha akan memenuhi seluruh persyaratan dan peraturan yang ditetapkan dalam upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup. PKPLH biasanya diperlukan untuk kegiatan usaha yang memiliki potensi dampak kecil terhadap lingkungan dan tidak memerlukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Dengan PKPLH, pemilik usaha wajib mengendalikan dampak negatif kegiatan mereka dan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. PKPLH diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, termasuk:
  • Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolan Lingkungan Hidup: Mengatur dasar hukum bagi seluruh kegiatan perlindungan dan pengelolan lingkungan di Indonesia.
  • Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan: Menjelaskan prosedur dan persyaratan untuk memperoleh izin lingkungan, termasuk PKPLH.
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2012: Menetapkan jenis usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki AMDAL atau UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan).
Proses pengajuan PKPLH biasanya melibatkan beberapa tahapan berikut:
  1. Identifikasi Kegiatan: Mengidentifikasi kegiatan usaha yang akan dilakukan dan menentukan apakah kegiatan tersebut memerlukan PKPLH berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan.
  2. Penyusunan Dokumen PKPLH: Dokumen PKPLH harus disusun oleh penanggung jawab kegiatan usaha dengan mencakup seluruh rencana pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan yang mungkin timbul dari kegiatan yang akan dilaksanakan.
  3. Pengajuan Dokumen: Setelah dokumen disusun, dokumen tersebut diajukan ke instansi yang berwenang, biasanya Dinas Lingkungan Hidup di tingkat kabupaten atau kota tempat kegiatan usaha akan dilakukan.
  4. Evaluasi dan Verifikasi: Instansi berwenang akan melakukan evaluasi terhadap dokumen PKPLH yang diajukan. Apabila diperlukan, verifikasi lapangan juga dapat dilakukan untuk memastikan kesesuaian antara dokumen dengan kondisi nyata di lapangan.
  5. Penerbitan PKPLH: Apabila dokumen dinilai memenuhi syarat, maka instansi berwenang akan menerbitkan PKPLH sebagai bukti kesanggupan penanggung jawab kegiatan usaha untuk mengelola dan memantau lingkungan.
  6. Pelaksanaan dan Pemantauan
Setelah PKPLH diterbitkan, penanggung jawab kegiatan usaha wajib melaksanakan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang telah disetujui. Pemantauan harus dilakukan secara berkala dan hasilnya dilaporkan kepada instansi berwenang.
  1. Pelaporan dan Evaluasi Berkala
Pemilik usaha harus melaporkan hasil pemantauan lingkungan sesuai dengan periode yang ditetapkan dalam PKPLH. Instansi berwenang akan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap komitmen pengelolaan lingkungan yang telah disepakati.
  1. Sanksi dan Penegakan Hukum
Jika dalam evaluasi ditemukan ketidaksesuaian atau pelanggaran, pemilik usaha dapat dikenai sanksi administratif atau sanksi lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sanksi ini bisa berupa teguran, denda, atau pencabutan izin usaha, tergantung pada tingkat pelanggaran.
Dokumen PKPLH harus mencakup beberapa komponen penting, antara lain:
  1. Deskripsi Kegiatan Usaha: Penjelasan lengkap mengenai kegiatan yang akan dilakukan, termasuk lokasi, skala kegiatan, dan jadwal pelaksanaan.
  2. Identifikasi dan Evaluasi Dampak Lingkungan: Analisis mengenai dampak lingkungan yang berpotensi timbul akibat kegiatan usaha.
  3. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL): Langkah-langkah yang akan diambil untuk mengurangi atau mencegah dampak negatif terhadap lingkungan.
  4. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL): Prosedur pemantauan yang akan dilakukan untuk memastikan bahwa pengelolaan lingkungan berjalan sesuai dengan rencana.
  5. Mekanisme Pelaporan: Tata cara pelaporan hasil pemantauan lingkungan kepada instansi yang berwenang.
Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PKPLH) memberikan manfaat yang signifikan bagi pelaku usaha dan lingkungan, termasuk memastikan perlindungan lingkungan dan kepatuhan hukum serta meningkatkan citra perusahaan yang berkomitmen terhadap pengelolaan lingkungan. Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi biaya jangka panjang dan menghindari sanksi hukum. Namun, implementasi PKPLH menghadapi tantangan seperti kurangnya kesadaran pelaku usaha, keterbatasan sumber daya terutama pada usaha kecil, dan kompleksitas regulasi yang seringkali sulit dipahami. Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi PKPLH.
Peraturan tentang DELH-DPLH: Panduan Lengkap untuk Pelaku Usaha
Environesia Global Saraya

31 January 2025

Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) dan Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) merupakan dua instrumen penting dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Kedua dokumen ini mengatur kewajiban pelaku usaha dalam melakukan pengelolaan yang akan diberikan pada lingkungan yang timbul akibat dari kegiatan usahanya. Untuk memastikan pelaksanaan yang efektif, pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan yang mengatur tentang DELH dan DPLH. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peraturan yang berlaku, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari DELH dan DPLH.
  • Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH): Merupakan dokumen yang berisi kajian mengenai dampak yang akan diberikan pada lingkungan, hal tersebut ditimbulkan oleh suatu kegiatan atau usaha. DELH disusun untuk mengetahui potensi dampak negatif yang mungkin terjadi dan merancang upaya pencegahan dan pengendaliannya.
  • Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH): Merupakan dokumen yang berisi program dan perencana pengelolaan lingkungan yang harus dilaksanakan oleh pelaku usaha. DPLH merupakan tindak lanjut dari DELH dan berisi langkah-langkah konkrit untuk mencegah dan mengatasi dampak lingkungan.
Regulasi perundang-undangan yang mengatur mengenai DELH dan DPLH tertuang dalam beberapa regulasi perundang-undangan, melalui tingkat daerah maupun pusat. Beberapa regulasi utama yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolan Lingkungan Hidup:
  • Dasar Hukum: Undang-undang ini merupakan landasan hukum utama bagi seluruh aktivitas pengelolaan lingkungan di Indonesia.
  • DELH dan DPLH: Undang-undang ini secara umum mengatur kewajiban pelaku usaha untuk melakukan AMDAL, UKL-UPL, dan menyusun DELH serta DPLH. Hal ini menunjukan jika kegiatan atau usaha yang memiliki potensi memberikan dampak kepada lingkungan wajib memiliki dokumen-dokumen tersebut.
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan:
  • Perizinan: Regulasi ini mengatur secara rinci mengenai persyaratan dan prosedur untuk mendapatkan izin lingkungan.
  • DELH dan DPLH: Persyaratan untuk mendapatkan izin lingkungan adalah penyusunan DELH dan DPLH. Peraturan ini menjelaskan secara detail mengenai format, isi, dan persyaratan teknis dari kedua dokumen tersebut.
  1. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 14 Tahun 2010 tentang Dokumen Lingkungan Hidup:
  • Fokus pada DELH: Peraturan ini secara khusus membahas mengenai penyusunan DELH.
  • Usaha yang Sudah Beroperasi: Peraturan ini ditujukan bagi kegiatan atau usaha yang telah memiliki izin usaha, namun belum memiliki dokumen AMDAL. Artinya, usaha-usaha ini wajib menyusun DELH untuk mengevaluasi dampak lingkungan yang telah terjadi.
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolan Lingkungan Hidup:
  • Pembaruan: Regulasi ini merupakan pembaruan dari regulasi sebelumnya dan memberikan pengaturan yang lebih komprehensif.
  • DELH dan DPLH: PP ini menguatkan kembali pentingnya DELH dan DPLH dalam pengelolaan lingkungan. Selain itu, PP ini juga mengatur mengenai mekanisme pengawasan dan penegakan hukum terkait dengan pelaksanaan DELH dan DPLH.
Secara keseluruhan, peraturan-peraturan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam melindungi dan mengelola lingkungan. DELH dan DPLH merupakan instrumen penting dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya peraturan-peraturan ini, diharapkan pelaku usaha dapat lebih bertanggung jawab dalam mengelola lingkungan dan masyarakat dapat hidup dalam lingkungan yang sehat dan lestari.

Sumber Referensi:
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Dokumen Lingkungan Hidup
Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Izin Lingkungan
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
footer_epic

Ready to Collaborate with Us?

Dengan layanan konsultasi lingkungan dan uji laboratorium yang telah tersertifikasi KAN, Environesia siap menjadi solusi untuk kemudahan dan efisiensi waktu dengan output yang berkualitas