Thermo Gun, Si Tembakan Pengukur Suhu

KAMU mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknologi canggih yang satu ini. Ya, ada yang menyebutnya thermo gun atau infrared thermometer sensor. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni mengukur suhu tubuh seseorang. Saat ini, thermo gun banyak kita jumpai di tempat-tempat keramaian, seperti bandara, kampus, stasiun MRT, hingga pintu masuk kantor. Termometer ini banyak digunakan terlebih dengan adanya wabah virus Corona.

Merangkum dari laman serecontrols dan sensortips, thermo gun merupakan alat bantu yang mampu mengukur suhu atau temperatur tanpa menyentuh objek. Termometer ini menggunakan radiasi inframerah yang dapat mengukur suhu dengan cepat dan akurat. Lebih dekat alat dengan objek maka semakin akurat hasilnya.

Prinsip dasar termometer inframerah ini adalah semua objek memancarkan energi inframerah. Semakin panas suhunya, maka semakin aktif pula molekul dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan. Untuk mendeteksi sebuah objek, thermo gun akan menyerap radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan oleh sebuah objek yang sedang dibidik. Sinar inframerah tersebut nantinya menembus lensa termometer dan menuju ke sebuah alat pendeteksi suhu bernama thermopile.

Lewat thermopile, radiasi diubah menjadi energi panas dan dikonversikan menjadi energi listrik. Energi listrik ini nantinya akan diukur oleh termometer dan menampilkan suhuh di balik layar thermo gun.

Penulis: Ananda Dimas Prasetya

Sumber: merahputih.com

Share this post