Kenapa Harus Ada "Safety Induction"?

Safety Induction adalah pengenalan dasar-dasar Keselamatan kerjadan Kesehatan Kerja (K3) kepada pekerja baru atau visitor (tamu) dan dilakukan oleh karyawan dengan jabatan setingkat supervisory (dari divisi OSHE / Safety) dan bisa juga bisa dilakukan oleh yang paham tentang K3 dengan level jabatan minimum seperti tersebut diatas (minimal Foreman, dan supervisor up).

Perlu anda pahami Safety Induction, merupakan wujud nyata dari pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 Tentang keselamatan kerja. Dan kepada mereka yang telah diberi Safety Induction diharuskan menandatangani surat pernyataan bahwa benar yang bersangkutan telah diberi Safety Induction

Di sebuah Industri pabrik atau perusahaan-perusahaan besar multinasional yang memiliki potensi bahaya di lapangan, safety induction ini diterapkan. Di beberapa perusahaan tidak hanya menerangkan kalau ada bahaya harus bagaimana, tetapi juga menjelaskan potensi-potensi bahaya kecil yang mungkin terjadi dan perilaku selamat seperti apa yang harus dilakukan.

Untuk melakukan safety induction visitor atau pekerja baru dibawa ke dalam ruangan. Lalu ada petugas yang menjelaskan sebelum memutarkan video yang harus visitor atau pekerja baru tonton. Safety induction ini sangat diperlukan bagi para pekerja baru. Mengapa? Menurut penelitian dari Health and Safety Executive, pekerja baru berpotensi mengalami kecelakaan kerja lebih besar saat enam bulan pertama di tempat kerja. Parahnya , di sektor industri dan konstruksi tercatat 9 dari 15 kecelakaan kerja fatal terjadi pada 10 hari pertama di tempat kerja. Risiko cedera atau kecelakaan kerja lebih tinggi tiga kali lipat pada bulan pertama bekerja dibanding mereka yang sudah punya pengalaman kerja 1 tahun.

Parahnya , di sektor industry dan konstruksi tercatat sembilan dari 15 kecelakaan kerja fatal terjadi pada 10 hari pertama di tempat kerja. Risiko cedera atau kecelakaan kerja lebih tinggi tiga kali lipat pada bulan pertama bekerja dibanding mereka yang sudah punya pengalaman kerja 1 tahun. Atas latar belakang itulah , safety induction sangat penting diberikan kepada para visitor ataupun pekerja baru. Melalui safety induction, pekerja dapat mengetahui potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja dan tindakan pengendaliannya

 

Maka dari itu ketauilah dasar-dasar dan peraturan sebelum memasuki sebuah pabrik atau perusahaan besar lainya. Salam safety!!

Share this post