Polusi Cahaya Dampaknya Pada Lingkungan

environesia.co.id – Salah satu isu lingkungan popular yang banyak dibicarakan saat ini yaitu tentang adanya polusi cahaya. Jika kita pada umumnya mengenal polusi pada lungkungan yaitu berupa polusi pada lingkungan fisik, maka disini terdapat polusi non fisik yang juga sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan. Polusi cahaya atau pencemaran cahaya sendiri merupakan kondisi dimana  cahaya yang menyala dengan jumlah berlebihan, yang disebabkan olah aktivitas atau buatan manusia, namun bisa juga berasal dari cahaya alami.

Penyebab adanya polusi cahaya dikarenakan oleh banyaknya lampu penerang jalan, lampu taman, hingga lampu yang menerangi berbagai kegiatan besar seperti konser, olahraga dan sebagainya. Jika kita melihat, polusi cahaya banyak terjadi di kota-kota besar khususnya kota metropolitan dibanding dengan kondisi desa-desa di pedalaman. Kondisi tersebut disebabkan dengan banyaknya aktivitas kehidupan manusia yang terkait dengan perkonomian di perkotaan besar khususnya kota metropolitan.

Adanya polusi cahaya sendiri memiliki dampak yang serius di berbagai aspek pada lingkungan. Pada kehidupan manusia, polusi cahaya malam berlebihan akan mengganggu kesehatan, khususnya kesehatan mata dan psikologis. Tak hanya itu dari dw.com dikatakan bahwa adanya polusi cahaya di malam hari menyebabkan adanya gangguan tidur atau insomnia dan gangguan pada mental.

Gangguan polusi cahaya juga berdampak pada kehidupan biodeversitas khusunya pada hewan. Polusi cahaya akan menggangu navigasi spesies burung tertentu saat bermigrasi. Tak hanya itu, polusi cahaya juga menggangu kehidupan kunang-kunang yang mana jika terdapat cahaya yang begitu pekat maka kunang-kunang tersingkir. Seiring meluasnya peradaban manusia dengan penerangan buatan, maka semakin sempit juga habitat kunang-kunang itu sendiri. Dampak lain juga terjadi pada tukik yang baru menetas, yang mana tukik-tukik tersebut akan mengikuti cahaya malam untuk menuju laut. Dengan Adanya cahaya buatan maka dapat menganggu arah tukik-tukik tersebut kembali ke laut.

Selain dari dampak pada kehidupan makhluk hidup, adanya polusi cahaya menyebabkan kita semua untuk melihat indahnya langit malam dengan tidak mudah. Pemandangan langit dengan dihiasi warna kelap-kelip bintang, bulan dan kejadian langit angkasa tertentu seperti penampakan komet, hujan meteor, pengamatan pada bintang tertentu akan sangat terganggu dengan adanya polusi cahaya. (dnx/admin)

Recommended Posts