Pengumuman Rencana Usaha

Pada Proses Persetujuan Lingkungan (Penyusunan Amdal)

environesia.co.id – Pada proses persetujuan lingkungan salah satu langkah yang wajib dilakukan adalah penting yang wajib dilakukan adalah melakukan pengumuman rencana akan Kegiatan dan/Usaha kepada masyarakat/. Langkah tersebut merupakan bagian dari pelibatan masyarakat dalam proses persetujuan lingkungan termasuk didalamnya penyusunan dokumen lingkungan seperti Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup).

Pada saat mengumumkan rencana kegiatan dan/usaha, Penanggung jawab Usaha dan/atau Kegiatan tersebut wajib menyampaikan informasi secara ringkas, benar, dan tepat mengenai apa nama dan alamat penanggung jawab dari rencana, jenis rencana kegiatan dan/usaha, jumlah dari skala, besaran dari rencana, dan lokasi rencana kegiatan dan/usaha tersebut.

Selain dari itu, para penanggung jawab diwajibkan pula menyampaikan bagaimana dampak potensial terhadap lingkungan yang akan timbul dad konsep umum pengendalian Dampak Lingkungan Hidup; selanjutnya kapan tanggal pengumuman mulai dipasang dan batas waktu penyampaian saran, pendapat, dan tanggapan dari masyarakat, serta yang terakhir apa nama dan alamat penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan yang menerima saran, pendapat, dan tanggapan dari masyarakat.

Pada alur Pengumuman rencana Usaha dan/atau Kegiatan, yang memuat informasi penanggung jawab kegiatan dan/usaha dapat memanfaat berbagai saluran seperti media massa, pengumuman pada lokasi Usaha dan/atau Kegiatan.

Selain media yang diwajibkan pada informasi sebelumnya rencana usaha dan/kegiatan dapat memanfaatkan melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau spanduk; dapat juga memanfaatkan media elektronik melalui televisi, laman, jejaring sosial, pesan elektronik, dan/atau radio, tak hanya itu, penanggungjawab juga dapat menggunakan papan pengumuman di instansi Lingkungan hidup dan instansi yang membidangi Usaha dan/atau kegiatan pada setiap tingkatan serta media lain yang dapat digunakan sebagai sarana mengumumkan usaha atau kegiatan yang direncanakan. (admin/dnx)

Recommended Posts