environesia.co.id – Rutinitas  work from home atau WFH menjadi aktivitas yang banyak dilakukan untuk saat ini. Walaupun memiliki berbagai kelebihan, melakukan aktivitas pekerajaan dari rumah rupanya dapat menimbulkan problem baru bagi Kesehatan. Problem tersebut berupa berat badan semakin meningkat Saat melakukan WFH. Dikarenakan lingkungan rumah atau kost mudah untuk menjangkau berbagai makanan dan minuman pendamping kerja serta untuk mengurangi hawa jenuh di tengah pekerjaan kala di rumah, rasa nafsu untuk menambah makanan semakin tinggi.

Ahli gizi dari University of California Los Angeles (UCLA) bernama Cynthia Sass, MPH, RD. Mengungkapkan untuk para pekerja yang melakukan pekerjaannya di rumah memberikan saran untuk melakukan beberapa hal. Adapun hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindaro nafsu makan berlebih khususnya ketika masa-masa WFH, antara lain;

1. Menahan Nafsu Makan dengan Membuat Jadwal Makan

Aktivitas WFH sering kali merubah jadwal makan yang telah berjalan seperti biasanya. Jika kita sudah terbiasa bekerja di Kantor, aktivitas makan kita akan menyesuaikan jam makan kantor juga. Akan tetapi pada masa WFH seperti ini, jadwal makan pun berubah. Jika pada jam kerja normal, kita jam 7 sarapan dan jam 12 makan siang pada WFH kita sering mengulur sedikit waktu jam sarapan dan makan siang kita. Terlebih, bisa saja ketika WFH porsi makan kita justru lebih banyak dari pada biasanya.

Supaya jam makan kita terlaksana secara teratur, disarankan untuk menentukan jam makan secara teratur. Pada penelitian yang diterbikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology &Metabolism pada tahun 2020 menunjukkan bahwa makan dengan jadwal yang teratur dapat menjaga kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Berikan jeda waktu 3 hingga 5 jam antara sarapan, makan siang, dan makan malam, sehingga makanan dapat tercerna oleh tubuh dengan baik dan maksimal.

2. Hindari Nafsu Makan Berlebih dengan Tidak Makan Saat Bekerja

Disaat jam kerja adakalanya kita merasa jenuh dan lapar. Untuk mengatasi hal tersebut kita sering kali memakan cemilan yang banyak atau pun memakan makanan berat sekalian. Hal tersebut dapat terjadi lebih ketika kita WFH, dimana kita mengkonsumsi makanan kita disamping melakukan pekerjaan. Pada penelitian yang diterbikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology &Metabolism pada tahun 2020  juga bahwa perilaku makan yang tidak fokus dapat menyebabkan gangguan pemrosesan rasa, sehingga nafsu makan berlebih pun biasanya muncul.

Oleh karena itu, untuk menghindari nafsu makan berlebih saat sedang menikmati makanan, usahakan menikmati makanan dengan fokus, dan berhentilah untuk makan ketika sudah merasa kenyang. Makan berlebihan, selain dapat meningkatkan berat badan, juga dapat membuat kita merasa lesu dan mengantuk saat bekerja.

3. Makan Makanan yang Utuh dan Minim Proses

Makanan instan menjadi favorit banyak orang kala melakukan WFH. Dimana memiliki rasa yang sedap, makanan instan tersebut sangat mudah untuk disajikan. Akan tetapi di balik sedapnya makanan instan tersebut terdapat bermacam-macam dampak buruk bagi Kesehatan.

Makanan instan instan sendiri diproduksi dengan cara melalui berbagai proses, sehingga di tengah panjanganya proses tersebut makanan tersebut kehilangan banyak nutrisi dan serat alami. Sehingga kandungan yang terdapat pada makanan instan tersebut dapat merusak metabolisme tubuh.

Oleh karena itu saat melakukan WFH selalu usahakan makan makanan yang alami dan minim dalam proses produksinya. Makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, tidak hanya sehat, tetapi juga dapat memperpanjang efek kenyang. Makanan utuh dapat membantu kita menghindari makan berlebihan.

4. Temukan Cara Alternatif untuk Mengatasi Stres saat WFH

Saat pekerjaan ketika WFH dapat menimbulkan stress berlebih. Dimana kita sering memakan makanan favorit  sebagai obat demi mengatasi stres tersebut. Ketika kita mulai merasa stres, bisa saja juga kehilangan nafsu makan. Kebiasaan tersebut tidak baik dilakukan dan berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya menyebabkan kenaikan berat badan, kebiasaan makan berlebihan saat stres juga dapat mengganggu tidur dan melemahkan sistem imun pada tubuh.

Carilah alternatif dan alihkan perhatian untuk mengurangi makan secara emosional selama stres. Seperti mendengarkan musik, sedikit bermain game di tengah pekerjaan kita. (admin/dnx)

ref: greeners.co

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *