Green Lifestyle: Gaya Hidup Ramah Lingkungan

environesia.co.id – Kesadaran untuk senantiasan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab pada semua individu. Termasuk kita semua yang ada di mana pun berada. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain perlu untuk membentuk pola atau gaya hidup yang berkelanjutan serta ramah lingkungan.

Pola gaya hidup ramah lingkungan atau dikenal sebagai green lifestyle penting atau tidak, intinya kembali ke kita, bahwasanya wajib untuk menjaga lingkungan hidup. Oleh karena itu menjaga lingkungan bisa dimulai dari hal terkecil di kehidupan sehari-hari. Jadi, intinya pola hidup ramah lingkungan sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan yang dimulai dari kelompok terkcecil yaitu individu.

Menerapkan pola gaya hidup ramah lingkungan dapat bisa kita mulai membiasakan dari hal-hal terkecil. Seperti membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jenis sampahnya. Dan juga, membiasakan diri untuk melakukan prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) pada pengelolaan sampah khususnya sampah rumah tangga.

Berikutnya hal sederhana yang dapat dilakukan yaitu menggunakan energi apa pun secara efektif dan efisien. Seperti tidak menyalakan lampu, AC atau kipas pada ruangan yang sedang tidak digunakan. Begitu pula pada energi bahan bakar untuk kendaraan. Jika ingin berbelanja di warung tetangga atau lokasi lain yang sekiranya dapat dijangkau, dapat dengan cara  berjalan kaki atau sepeda tanpa harus naik kendaraan bermotor untuk menghemat penggunaan BBM.

Pola hidup berikutnya yang sangat mudah dilakukan adalah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Seperti kegiatan berbelanja ke warung kelontong atau ke pusat perbelanjaan sangat dianjurkan untuk menggunakan tas reusable tanpa harus membuang kembali tas tersebut setelah digunakan. Tak hanya itu, kebiasaan mengurangi plastik sekali pakai, juga dengan menggunakan tumblr pribadi  ketika bepergian tanpa harus membeli air mineral kemasan plastik. (admin/dnx)

Recommended Posts