environesia.co.id – Memiliki proyek dengan cakupan tertentu pastinya kita perlu memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi lingkungan di mana proyek tersebut dilaksanakan. Hal tersebut merupakan kewajiban yang telah tertera di berbagai regulasi baik Undang-undang dan peraturan turunannya. Kewajiban tersebut berlaku bagi semua pihak demi menjaga kelangsungan kelestarian lingkungan hidup di sekitar proyek tersebut. Sebagai pemilik proyek yang otomatis sebagai pemrakarsa dokumen lingkungan tak bisa menyusun dokumen tersebut kecuali didamping oleh lembaga khusus yang dikenal sebagai konsultan lingkungan.

Untuk penyusunan Amdal, maka perlu diperhatikan sebagai penyusun dokumen Amdal wajib terdaftar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Lembaga Penyedia Jasa Penyusunan Dokumen (LPJP) AMDAL dengan tenaga ahli tetap yang telah terdaftar pula. Terdaftarnya lembaga tersebut sebagai syarat minimal bahwa lembaga tersebut benar-benar dapat menjadi konsultan khususnya dalam penyusunan Amdal.

Tentunya, untuk hasil yang terbaik memilih mitra dalam konsultansi jasa lingkungan diperlukan tidak hanya terdaftar saja tapi telah teruji bagaimana kualitas dan track record lembaga tersebut. Hal yang termudah untuk mengetahui bahwa lembaga tersebut memiliki kualitas yang baik berupa bukti bahwa lembaga tersebut dengan sistem manajemen yang teruji. Dalam standar Internasional dikenal ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu. Jika Lembaga tersebut mengantongi sertifikat ISO 9001 yang dikeluarkan langsung oleh lembaga bergengsi, maka lembaga tersebut telah memiliki sistem manajamen mutu yang telah teruji. Alangkah lebih baik lagi, jika konsultan lingkungan tersebut juga mengantongi sertifikasi sistem manajemen mutu lain yang sejalan dengan bidang pekerjaan konsultan lingkungan tersebut.

Tak hanya dari bagaimana sistem yang telah tersertifikasi, dapat dilihat pula bagaimana portofolio yang telah disusun oleh lembaga tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi kualitas dan kuantitas pekerjaan yang telah di selesaikan. Konsultan lingkungan dengan protofolio yang baik, tak akan ragu menampilkan pekerjaan apa saja yang telah dituntaskan dengan berbagai mitra kerjanya.

Bagaimana dengan Environesia? Sebagai perusahaan konsultan lingkungan dengan visi “The Leading Company for Environmental Consulting Services in Indonesia in 2025” dengan makna perusahaan konsultan lingkungan terdepan di Indonesia pada tahun 2025, PT Environesia Global Saraya sejak awal berdiri telah bervisi kedepan. Dorongan dengan adanya visi tersebut, kini Environesia telah tersertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan dan ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Tak hanya terbukti dengan sertifikasi, Environesia telah terbukti juga dengan kualitas dan kuantitas pekerjaan yang telah dan sedang di selesaikan. Telah berjalan selama 5 tahun, Environesia hingga saat ini telah dan sedang menyelesaikan lebih dari 200 proyek di 33 Provinsi se Indonesia dengan berbagai macam mitra, baik Pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara dan Swasta. Jelas, hal ini menjadikan Environesia sebagai konsultan lingkungan yang tidak perlu diragukan. (admin/dnx)

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *