InHouse Training Ahli Keselamatan & Kesehatan Kerja Umum di Universitas Jember

Jember, Environesia News (25/11) – Untuk kesekian kalinya Environesia Academy PT. Environesia Global Saraya sebagai salah satu perusahaan Swasta Nasional terbaik di Indonesia, kembali dipercaya sebagai provider dalam kegiatan InHouse Training (IHT) di luar kota Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini, Environesia Academy sebagai salah satu provider resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI sesuai dengan Surat keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan kemnaker R.I No : SKP.052/DJPPKI/2012 tentang penunjukan PT. Environesia Global Saraya sebagai Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dipercaya untuk menjadi rekanan dalam Pembinaan Calon Ahli K3 Umum Sertifikasi Kementeriaan Tenaga Kerja R.I, yang digagas oleh Kepala Prodi Pascasarjana Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan Pelatihan Ahli K3 Umum ini secara resmi dibuka oleh Pengawas Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur, Dodi Widodo, SH. Adapun sambutan sebelum diresmikannya Pembinaan Ahli K3 Umum oleh Dr. Isa Ma’rufi. Isa Ma’rufi selaku Kepala Prodi Pascasarjana Kesehatan Masyarakat berpesan kepada para peserta Pembinaan Ahli K3 Umum untuk dapat mengaplikasikan dan menerapkan ilmu baru dalam penanganan jika terjadinya kecelakaan di tempat kerja. Kemudian dilanjutkan pula sambutan oleh Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur yang sekaligus membuka Pembinaan Ahli K3 Umum di Universitas Jember. Pembinaan Calon Ahli K3 Umumtersebut dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 25 November 2017.

Pembinaan Calon Ahli K3 Umum yang diselenggarakan di kota Jember ini merupakan pertama kalinya. Pembinaan Calon Ahli K3 Umum Sertifikasi KEMNAKER R.I Batch I pada kota Jember ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta, dimana kali ini para peserta banyak yang berasal dari teman fresh graduate Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan HSE Profesional lainnya.Dalam pelaksanaan kegiatan, peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini. Dimulai dari pemberian materi oleh beberapa pengawas K3 dan melakukan diskusi aktif dengan membuat suatu kelompok kecil yang terbagi sesuai jumlah peserta, hingga praktek kerja lapangan (PKL) di perusahaan yang dipilih oleh PT. Environesia Global Saraya. PKL tersebut bertempat di PT Perkebunan Nusantara XII (PT. PN XII), yaitu salah satu industri perkebunan karet di Jember, Jawa Timur. Dimana PT. PN XII ini merupakan industri yang memproduksi karet mentah menjadi lembaran karet dan unggul dalam kapabillitas produksi. Para peserta mendapatkan pengalaman langsung dengan PKL ini, karena dapat mengidentifikasi temuan negatif dan temuan positif dari perusahaan tersebut. Kemudian merekapun harus membuat solusi dan rekomendasi tindakan apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dipertahankan dari perusahaan tersebut.

 Diundangnya pemateri dari Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja, hingga menganalisa kecelakaan kerja yang terjadi di tempat kerja. Guna para peserta dapat memahami terlebih dahulu dasar-dasar dalam tindakan saat terjadinya kecelekaan di tempat kerja. Kemudian salah satu pengawas K3 sendiri menyampaikan materi bagaimana menangani kecelakaan kerja dengan harus mengenali lingkungan kerja terlebih dahulu. Tidak hanya materi yang diberikan, pengawas K3 juga memberikan checklist K3 kepada para peserta. Sehingga para peserta dapat memahami langsung bagaimana penanganan dan solusi dalam kecelakaan di tempat kerja.

 Harapannya setelah mengikuti Pembinaan Calon Ahli K3 Umum ini para peserta dapat mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapat selama 12 hari dengan menerapkan regulasi yang telah diketahui, bagi para peserta yang merupakan calon HSE maupun calon HSE profesional. Pembinaan Calon Ahli K3 Umum yang diadakan oleh Environesia tidak hanya sampai disini, akan diadakan kembali dalam Batch IX yang dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 11 Desember 2017.

 

“Ingat Pelatihan Investasi Terjangkau dengan Kualitas & Fasilitas PREMIUM? Ingat Environesia Academy”.

Share this post