5 Cara Meminimalisir Kecelakaan Kerja di Tempat Kerja

Tempat kerja merupakan lokasi kita mencari nafkah bagi kita dan keluarga. Tempat kerja memiliki potensi kecelakaan kerja, sehingga demi membawa pulang nafkah ke rumah dengan selamat diperlukan cara untuk meminimalisir kecelakaan kerja yang terjadi di tempat kerja. Berikut adalah 5 Cara meminimalisir kecelakaan kerja di tempat kerja:

1. Melakukan pekerjaan dengan tenang
Sangat bagus jika ingin melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal, namun jika dilakukan dengan terbur-buru akan meningkatkan potensi kecelakaan kerja di tempat kerja. Jadi lakukanlah pekerjaan dengan hati-hati dan rapi sehingga memudahkan pekerjaan dan lebih aman.

2. Berhati-hati saat menggunakan kendaraan kantor
Menurut OSHA, kecelakaan kerja saat berkendara menggunakan kendaraan kantor rata-rata menyebabkan kerugian sebesar 60 miliyar dollar setiap tahunnya. Pastikan saat akan menggunakan kendaraan kantor cek kondisi mesin dan rem secara berkala.

3. Perhatikan suhu di tempat kerja
Baik dalam pekerjaan di luar maupun dalam ruangan kalian dapat terkena cuaca yang ekstrim, baik cuaca panas maupun dingin. Pada lokasi kerja yang dingin gunakanlah pakaian yang tebal atau pakaian berlapis, lindungi juga kepala, kaki, tangan dan kepala. Selain itu bisa memasang mesin pemanas di lokasi kerja. Pada lokasi kerja yang panas gunakan pakaian yang tipis dan berlindung di lokasi yang sejuk. Selain itu bisa memasang kipas dan membenahi sistem ventilasi udara.

4. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)
APD sangat penting untuk meminimalisir kecelakaan kerja sehingga gunakanlah APD dengan baik dan benar. Contohnya sarung tangan untuk menghindari panas, penggunaan ear muff/ear plug untuk melindungi dari kerusakan pendengaran, dan lain sebagainya.

5. Menjaga kebersihan lokasi kerja
Banyak pekerja yang tidak menyadari dampak buruk dari kebersihan lokasi kerja. Jika lokasi kerja kotor dan barang berserakan dimana-mana maka tingkat kecelakaan kerja semakin meningkat. Maka dari itu jagalah kebersihan dan kerapian lokasi kerja masing-masing sehingga tidak membahayakan dirimu dan sekitarnya.

SALAM SAFETY-SALAM ENVIRONESIA!

Share this post