Pelatihan K3 Rumah Sakit

Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Kecelakaan kerja tidak saja menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materi bagi pekerja dan pengusaha, tetapi juga dapat mengganggu proses produksi secara menyeluruh, merusak lingkungan yang pada akhirnya akan berdampak pada masyarakat luas.

Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Kerja (KK) di kalangan petugas kesehatan dan non kesehatan kesehatan di Indonesia belum terekam dengan baik. Jika kita pelajari angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja di beberapa negara maju (dari beberapa pengamatan) menunjukan kecenderungan peningkatan prevalensi. Sebagai faktor penyebab, sering terjadi karena kurangnya kesadaran pekerja dan kualitas serta keterampilan pekerja yang kurang memadai. Banyak pekerja yang meremehkan risiko kerja, sehingga tidak menggunakan alat-alat pengaman walaupun sudah tersedia.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Kesehatan, Pasal 23 dinyatakan bahwa upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus diselenggarakan di semua tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai risiko bahaya kesehatan, mudah terjangkit penyakit atau mempunyai karyawan paling sedikit 10 orang. Jika memperhatikan isi dari pasal di atas maka jelaslah bahwa Rumah Sakit (RS) termasuk ke dalam kriteria tempat kerja dengan berbagai ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan, tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di RS, tapi juga terhadap pasien maupun pengunjung RS. Sehingga sudah seharusnya pihak pengelola RS menerapkan upaya-upaya K3 di RS
 
Program Pelatihan K3 Rumah Sakit yang di selenggarakan oleh PT. Environesia Global Saraya ini akan menitik beratkan kepada pasien safety baik yang di persyaratkan oleh akreditasi KARS 2012 ataupun JCI dengan cara membekali pengetahuan dan kemampuan yang memadai kepada seluruh tenaga medis di rumah sakit agar siap melakukan pelayanan terbaik dan tanggung jawab untuk keselamatan dan keamanan pasien selama di rumah sakit. Di mulai dari membangun system, implementasi, pengendalian dan audit serta evaluasi keefektifan system K3 rumah sakit yang sudah di terapkan.

 

Silabus Pelatihan

1  Peraturan dan Perundang-undangan K3 Rumah Sakit

2  Persyaratan K3 dalam standar Akreditasi Rumah sakit

3  Dasar-dasar dan Prinsip K3

4  Identifikasi dan Pengendalian Bahaya dan Risiko K3

5  K3 Listrik

6  K3 Radiologi

7  Perencanaan Tanggap Darurat

8  Manajemen Penanggulangan Kebakaran

9  Pengendalian Bahan Infeksius

10  Pengelolaan Limbah Rumah Sakit

11  K3 Laboratorium

12  Manajemen Bahan Berbahaya dan Beracun

13  Audit SMK3

 

Pemateri

1  Para Praktisi dan Akademisi bidang K3 Rumah Sakit

2  Pembuat dan Pengawasan Kebijakan bidang K3 Rumah Sakit

 

Persyaratan

1  Copy ijazah Pendidikan Minimal D3 di bidang kesehatan atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang ijazahnya dalam proses sebanyak 3 lembar

2  Fotocopy KTP (2 Lembar)

3  Pas Foto 2x3, 3x4, 4x6 berlatar merah (masing-masing 4 Lembar)

4  Surat Rekomendasi dari Perusahaan (bagi yang sudah bekerja)

5  Curriculum Vitae (CV) atau surat keterangan pengalaman kerja

 

Waktu dan Tempat Pelatihan

Pelaksanaan Pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Rumah sakit – Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel standart Min. Bintang 3 di Yogyakarta.

 

Fasilitas

1  Sertifikat Ahli K3 Rumah Sakit dari BNSP

2  Hard copy Modul dan Regulasi K3 Rumah Sakit

3  Softcopy Materi Pembinaan

4  2x Coffee Break dan 1x Lunch

5  Premium Training KIT (Tas, Alat Tulis, Block Note)

6  Polo T-Shirt Environesia Academy

7  Doorprize Special Environesia Academy

8  Alumni Membership Environesia Academy (untuk mendapatkan berbagai privilege dari environesia Academy)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Training Implementation Schedule Pelatihan K3 Rumah Sakit

NO DATE TEMA LOKASI HARGA STATUS
1
06 Agustus 2018
Pelatihan K3 Rumah Sakit
Yogyakarta (Hotel Minimal Bintang 3)
Rp. 5.000.000
Running
2
23 April 2018
Pelatihan K3 Rumah Sakit
Yogyakarta - Minimal Hotel Bintang 3
Rp. 5.000.000
Fully Booked
3
02 April 2018
Pelatihan K3 Rumah Sakit
Kalimantan Selatan - Minimal Hotel Bintang 3
Rp. 6.000.000
Running
Registration Training